Digital clock

Sabtu, 15 Desember 2012

Pengembangan kreativitas

-->
Pengembangan kreativitas
A.   Definisi kreativitas
Supriadi (1985) mengutarakan bahwa kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Selanjutnya ia menambahkan bahwa kreativitas merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, ditandai oleh sukses,diferensiasi dan integrasi antara setiap tahap perkembangan.
Clarkl Monstakis (dalam munandar,1995) mengatakan bahwa kreativitas merupakan pengalaman dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam dan orang lain.
Semiawan (1997) mengemumakan bahwa kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalahan dengan metode baru.
Jadi, kreatifitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, metode ataupun produk baru yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi, suksesi, dan diferensiasi yang berdayaguna dalam berbagai bidang untuk pemecahan suatu masalah.

B.   Ciri kreativitas
Supriadi (1994) mengatakan bahwa ciri-ciri kreativitas dibagi atas 2,yaitu:
v  Kognitif ;   -     orisinalitas
-          Fleksibilitas
-          Kelancaran
-          Elaboraso
v  Non kognitif : - motifasi sikap
-          Kepribadian kreatif




C.   Potensi Kreatif pada Manusia
Pada dasarnya setiap manusia telah dikaruniai potensi kreatif sejak dilahirkan. Hal ini dapat kita lihat melalui prilaku bayi atau pun anak-anak yang secara alamiah gemar bertanya, gemar mencoba, gemar memperhatikan hal-hal baru. Potensi kreativitas ini dapat kita lihat melalui keajaiban alamiah seorang bayi dalam mengekplorasikan apapun yang ada di sekitarnya. Mereka dapat menikmati warna, cahaya, gerakan dan bunyi. Mereka juga dapat merasakan, mengambil dan memanipulasi apapun yang terlihat. Semua kegemaran ini adalah potensi kreativitas yang sangat dibutuhkan saat mereka dewasa nanti.
Devito (dalam Supriadi,1994) mengemukakan bahwa kreativitas merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang dengan tingkat yang berbeda-beda. Setiap orang lahir dengan potensi kreatif dan potensi ini dapat dikembangkan dan dipupuk.

D.   Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Kreativitas
v  Rangsangan Mental
Suatu karya kreatif dapat muncul jika anak mendapatkan rangsangan mental yang mendukungan. Pada aspek kognitif anak di stimulasi agar mampu memberikan berbagi alternatif pada setiap stimulan yang muncul. Pada aspek kepribadian anak distimulasi untuk mengembangkan berbagai potensi pribadi kreatif. 
Sebaliknya tanpa dukungan mental yang positif bagi anak maka kreatifitas tidak akan terbentuk.
v  Iklim dan Kondisi Lingkungan
Kondisi lingkungan di sekitar anak sangat berpengaruh besar dalam menumbuh kembangkan kreativitas. Lingkungan yang sempit, pengap dan menjemukan akan terasa muram, tidak bersemangat dan menumpukan ide-ide cemerlang. Kreativitas dengan sendirinya akan mati dan tidak berkembang dengan kondisi lingkungan yang tidak mendiukung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar