Artikel
Pengenalan Komputer Pada Anak Usia Dini
Oleh: Susi Susanti
Salah satu
tugas penting yang harus dilaksanakan oleh pendidik adalah menyiapkan anak
didik agar hidup di masa depan yang lebih baik. Diperkirakan pada masa yang
akan datang penggunaan teknologi akan semakin canggih,mungkin bisa mendominasi
kehidupan kita. Untuk itu semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi
tersebut kepada anak.
Pendidik
sebagai agen pembelajaran sudah seharusnya menguasai teknologi, khususnya
komputer. Pengenalan teknologi semenjak dini berguna untuk menghindarkan
generasi muda yang gaptek atau gagap dalam menggunakan teknologi. Sehingga di
masa depan nanti guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi semata
tetapi lebih berperan sebagai fasilitator yang mampu menciptakan proses belajar
dalam individu.Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat
bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk pendidik maupun siswa
yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji
dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebelum
memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun pendidik harusnya dapat
memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak
mendapatkan pemahaman dari penginderaannya. Kemudian usia 2 - 7 tahun anak
mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7
- 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan
obyek yang tampak oleh anak.
Sebenarnya
pengenalan komputer yang diberikan kepada anak Taman Kanak-Kanak sifatnya
hanyalah sebagai pengenalan saja dan hiburan. Jika pelajaran komputer dijadikan
pelajaran yang serius tentu mereka akan terbebani dan akan merasa bosan
terhadap pembelajaran, karena mereka masih harus focus pada pengenalan angka
dan huruf.
Pembelajaran
tentang teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal
perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia.
Pelajaran Komputer untuk anak TK bisa dijadikan sebagai awal mereka untuk
memperlancar penggunaan mouse maupun untuk mengenalkan tata letak tombol huruf
yang ada di keyboard dan hal itu tentu saja didukung oleh software-software
yang memang khusus untuk usia yang berbeda-beda. Dengan bantuan
software-software yang banyak beredar di pasaran akan semakin memudahkan anak
untuk sekaligus belajar tentang abjad, angka, warna, perbandingan besar kecil
sebuah benda, pengenalan sayur-sayuran, buah-buahan, tumbuh-tumbuhan dan masih
banyak lagi. Selain itu masih banyak manfaat yang didapatkan dari pembelajaran komputer untuk anak usia
Playgroup atau TK. Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat
dimanfaatkan oleh perangkat komputer yang memudahkan kerja kita semua.
Penjelasan tentang teknologi komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana
menyenangkan dan dengan bahasa yang sederhana pula.
Analisis
artikel pentingnya pendidikan karakter sejak anak usia dini
Pada artikel tersebut tidak
dijelaskan alasan pentingnya pengenalan komputer anak usia dini. Alasannya
bahwa sebagian besar anak belajar antara usia 1 sampai 6 tahun dengan menyerap
segala sesuatu yang diajarkan kepada anak. Pengajaran yang diperoleh anak pada
usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan yang akan mereka miliki
di masa mendatang.
Berdasarkan suatu penelitian, penting bagi kita untuk memperkenalkan komputer kepada anak-anak ketika mereka masih dini, misalkan ketika mereka masih berusia 18 bulan. Tetapi pada usia ini, mereka masih belum bisa menggunakan komputer, tugas kita hanya sekedar memperkenalkannya saja. Pada usia ini, anak-anak mampu menggunakan pemikiran logis mereka sendiri. Mereka akan belajar mengeksplorasi sendiri untuk kegiatan percobaan. Dan setelah setahap demi setahap anak-anak belajar komputer, mereka akan mampu bekerja sendiri dengan program komputer.
Berdasarkan suatu penelitian, penting bagi kita untuk memperkenalkan komputer kepada anak-anak ketika mereka masih dini, misalkan ketika mereka masih berusia 18 bulan. Tetapi pada usia ini, mereka masih belum bisa menggunakan komputer, tugas kita hanya sekedar memperkenalkannya saja. Pada usia ini, anak-anak mampu menggunakan pemikiran logis mereka sendiri. Mereka akan belajar mengeksplorasi sendiri untuk kegiatan percobaan. Dan setelah setahap demi setahap anak-anak belajar komputer, mereka akan mampu bekerja sendiri dengan program komputer.
Cara awal yang bisa dilakukan guru
dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat dimulai dengan
menceritakan tentang manfaat dan kontribusi komputer terhadap kehidupan
manusia. Komputer digunakan untuk mendukung banyak tugas dan pekerjaan manusia.
Contoh yang dapat disampaikan misalnya:
v Pengatur
lalu lintas udara di bandara menggunakan komputer untuk mengatur jadwal
penerbangannya
v Dokter
menggunakan komputer untuk membantu memeriksa/mendiagnosa kondisi pasien
v Perusahaan
percetakan menggunakan komputer untuk mengatur tata letak berita dan ilustrasi
yang terdapat dalam koran atau majalah
v Pelajar
dan mahasiswa menggunakan komputer untuk mengetik, mencari dan memperoleh
informasi serta menyelesaikan tugas-tugas sekolah
v Perkantoran menggunakan komputer untuk membuat
administrasi
v Komputer
dengan kemampuan multimedia mampu menampilkan informasi secara nyata yang dapat
dimanfaatkan sebagai sarana hiburan. Misalnya untuk mendengarkan musik,
menonton film, bermain game dan sebagainya
v Dengan
teknologi yang ada pada komputer manusia dapat terhubung secara luas dengan
seluruh jaringan yang ada di dunia. Jaringan komunikasi tersebut adalah
internet
Banyak contoh lain yang dapat dikemukakan tentang manfaat komputer dalam kehidupan manusia. Dengan menceritakan manfaat komputer pada anak usia dini diharapkan mereka akan mulai tertarik untuk mengenal komputer
Banyak contoh lain yang dapat dikemukakan tentang manfaat komputer dalam kehidupan manusia. Dengan menceritakan manfaat komputer pada anak usia dini diharapkan mereka akan mulai tertarik untuk mengenal komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar